Senin, 26 November 2012

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
CSR berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Dikutip dari wikipedia
Konsep CSR bertujuan untuk menjelaskan bagian tanggung jawab perusahaan dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, sehingga konsep pembangunan berkelanjutan menjadi dasar pijakannya. Konsep ini menegaskan betapa pentingnya peranan CSR sebagai perpanjangan tangan perusahaan untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan pada suatu negara. Dengan sendirinya agar keberlangsungan pembangunan dapat terjaga maka desain program-program CSR juga harus bersifat berkelanjutan, tidak parsial. Program CSR yang berkelanjutan jelas membutuhkan ketegasan komitmen dari perusahaan serta seluruh stakeholder untuk mengawal perjalanannya.

Bila CSR benar-benar dijalankan secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong, jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat kekerasan dan kejahatan.

Salah satu perusahaan yang menjalankan tanggung jawab sosial adalah Perusahaan Perseroan (Persero) PT Unilever Indonesia Tbk. , merupakan salah satu perusahaan swasta yang sangat besar dengan wilayah kerja di Indonesia. Sebagai salah satu perusahaan yang besar di Indonesia banyak kegiatan PT Unilever Indonesia Tbk yang mengutamakan kegiatan tanggung jawab sosial di lingkungan sekitar perusahaan maupun sekitar perkebunan di Indonesia. Kegiatan tersebut meliputi antara lain: Pendidikan dan Pelatihan, Bantuan Bencana Alam, Pelestarian Alam, Sarana dan Prasarana Umum, Kesehatan Masyarakat, Sarana Ibadah

Contoh dari kegiatan PT Unilever Indonesia Tbk dalam hal Sarana dan Prasarana Umum sebagai berikut ini yang dikutip dari unilever

Sumber : http://nanascouting.blogspot.com/2011/10/tanggung-jawab-sosial-perusahaan-atau.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar